@age_mavia

@age_mavia
MENJELAJAH UNTUK BERBAGI

ALONEDIECTIVITWEET

Hak cipta dilindungi. Diberdayakan oleh Blogger.
On Sabtu, 21 Juli 2012


Dengan nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang 

ini adalah penjelasan untuk manusia, petunjuk, dan nasihat bagi orang-orang yang bertaqwa. [QS Ali imron (3): 138]

Setiap orang yang percaya pada kebenaran Al-Qur'an sudah semestinya menelaah seberapa besar dirinya mampu menerima penjelasan Al-Qur'an, petunjuknya, dan nasihatnya.

Surat Al-Fatihah pasti selalu dibaca setiap muslim dalam setiap roka'at sholat fardu dan sunnahnya. Surah ini memiliki beberapa nama, diantaranya adalah Faatihah Al-Kitaab (Pembuka Al-Qur'an), Umm Al-Qur'aan (induk Al-Qur'an), dan Al-Sab'  Al-Matsaaniii (Tujuh Ayat yang Diulang-ulang). Surah ini terdiri dari tujuh ayat. Ayat pertamanya adalah basmallah.
عن أبي هريرة قال: "قال رسول الله : أم القرآن هي السبع المثاني والقرآن العظيم"    رواه البخاري
Dari Abi Huroyroh berkata: "Rosululloh bersabda: induk Al-Qur'an ialah tujuh ayat yang dulang-ulang dalam Al-Qur'an Al-'Adzim" (HR Bukhori)


 سورة الفاتحة 
سورة مكية 
السبع آيات

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ 
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. (1)
الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam. (2)
الرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ 
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.(3)
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ 
Yang menguasai Hari Pembalasan. (4)
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ 
Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami memohon pertolongan. (5)
اهدِنَــــا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ 
Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, (6)
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ
(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni'mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (7)


Al-Fatihah adalah surah pertama yang diturunkan secara utuh, Nabi Saw. memerintahkan agar surah Al-Fatihah dijadikan sebagai pembuka Al-Qur'an. Kita tahu bahwa ayat-ayat Qur'an yang pertama kali diturunkan adalah lima ayat Surah Al-'Alaq, walaupun demikian surah Al-'Alaq diturunkan secara utuh setelah kewajiban sholat. Sedangkan Sholat mesti dilaksanakan dengan membaca Al-Fatihah. Surah Al-'Alaq ini disimpan dalam rangkaian surah-surah pendek di akhir Al-Qur'an.
Lima ayat surah Al-'Alaq merupakan pengantar bagi turunnya surah yang maknanya umum dan terperinci. Pengantar ini khusus berkenaan dengan keadaan Nabi Saw. pada permulaan wahyu diturunkan dan pemberitahuan kepada beliau bahwa sekalipun seorang umii tidak bisa membaca dan menulis dirinya akan dapat membaca dengan menyebut nama Alloh Swt. dan mengeluarkan umatnya dari kebodohan kepada kepintaran melalui baca-tulis. Nabi ibrahim As. nenek moyangnya Nabi Saw. pernah berdo'a dalam firman Alloh Swt. "Wahai Tuhan kami! Utuslah seorang rosul dari mereka sendiri yang akan membacakan ayat-ayat-Mu kepada mereka, dan mengajarkan al-kitaab dan hikmah, serta membersihkan mereka" [QS Al-Baqoroh (2): 129]

Surah Al-Fatihah berisi makna-makna poko Al-Qur'an, ada lima prinsip Al-Qur'an dalam surah Al-Fatihah:
Pertama, tauhid. Prinsip ini dvturunkan karena semua manusva berpotensi menyembah berhala, meskipun ada juga yang mengaku bertauhid.
Kedua, janji dan kabar gembira bagi orang-orang yang bertauhid bahwa ia akan dvganjar dan diancam serta peringatan bagi orang yang tidak mau bertauhid bahwa ia akan disiksa. Janji yang diberikan mencakup janji untuk kelom[pok dan individu. Nikmat dan kebahagian dunia-akhirat akan diberikan seluruhnya kepada orang yang bertauhid. Demikian pula siksaan dan kesengsaraan, keduanya akan diberikan di dunia dan akhirat kepada orang tidak bertauhid. Alloh Swt. berjanji kepada orang beriman bahwa mereka akan menjadi pemimpin di bumi, di anugerahi kemuliaan, kekuasaan, dan kepemimpinan. Sebaliknya, Alloh Swt. mengancam orang-orang yang ingkar bahwa mereka akan dihinakan dan disengsarakan didunia. Di akhirat, Alloh Swt. menjadikan surga berikut semuakenikmatannya kepada mereka yang beriman dan mengancam dengan neraka yang pedih kepada mereka yang kufur. 
Ketiga, ibadah akan menghidupkan tauhid dalam hati dan mematrikannya dalam jiwa.
Keempat, penjelasan tentang jalan menuju kebahagiaan  dan cara menempuhnya agar sampai pada kenikmatan dunia dan akhirat. 
Kelima, kisah-kisah tentang orang yang menepati aturan Alloh Swt. dan melaksanakan hukum agama-Nya, serta cerita-cerita tentang orang-orang yang melanggar aturan-aturan-Nya dan tidak mau mengindahkan hukum-hukum agama-Nya. Kisah ini diungkapkan agar manusia dapat mengambil pelajaran, memilih jalan orang baik, dan agar mengetahui kepastian Alloh Swt. terhadap manusia.

itulah lima prinsip Al-Qur'an yang terdapat dalam surah Al-Fatihah. kelima prinsip ini merupakan jaminan hidup dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat. Jadi, tidak disangsikan lagi bahwa surah Al-Fatihah secara global mencakup seluruh prinsip tersebut.




Kesimpulan:
  1. Tiga fungsi turunnya Al-Qur'an: menjelaskan, sebagai petunjuk, dan memberi nasihat.
  2. Surat Al-Fatihah pasti selalu dibaca setiap muslim dalam setiap roka'at sholat fardu dan sunnahnya.
  3. Surah ini memiliki beberapa nama, diantaranya adalah Faatihah Al-Kitaab (Pembuka Al-Qur'an), Umm Al-Qur'aan (induk Al-Qur'an), dan Al-Sab'  Al-Matsaaniii (Tujuh Ayat yang Diulang-ulang).
  4.  Al-Fatihah adalah surah pertama yang diturunkan secara utuh.
  5. Surah Al-Fatihah mengandung lima prinsip umum Al-Qur'an: Pertama, Tauhid atau mengesakan Alloh Swt., Kedua, Keadilan atau kepastian janji dan ancaman Alloh Swt.,
    Ketiga, ibadah atau pengabdian kepada Alloh Swt., Keempat, penjelasan tentang jalan kebahagiaan, dan Kelima, kisah-kisah yang harus diteladani atau jauhi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments