@age_mavia

@age_mavia
MENJELAJAH UNTUK BERBAGI
Powered By Blogger

ALONEDIECTIVITWEET

Hak cipta dilindungi. Diberdayakan oleh Blogger.
On Jumat, 20 April 2018

Sabar aktif itu sabar mencapai tujuan, dengan aktif mencari solusi, menikmati prosesnya, bahkan di saat terburuk sekali pun.

 

kesabaran bukanlah menunggu. Namun, kesabaran adalah usaha tanpa kenal lelah. Usaha tanpa menyerah. Dan memberikan segala hasil pada yang Maha Kuasa. Jika kita memahami sabar hanya sekedar “nerimo” maupun pasrah, maka kita menempatkan sabar pada posisi yang keliru. Dengan kata lain itu bukan sabar, namun menyerah pada keadaan.

 

Jadi supaya tidak keliru menempatkan istilah sabar, ingatlah, sabar itu bukan pasif, tapi aktif. Bukan hanya diam tanpa gerak dan tanpa semangat. Sabar itu aktif berusaha. Aktif bekerja. Aktif memperbaiki diri dan aktif berdoa. 

 

 

berikut contoh alam

salah satu fauna, ngengat misalnya. Ngengat memiliki keistimewaan dalam berkomunikasi. Antenanya berfungsi sebagai indera pengecap dan juga perasa. Antena ngengat mampu menangkap sinyal dari lawan jenis maupun sinyal bahaya. Khusus untuk lawan jenis, ngengat betina mengeluarkan feromon, semacam zat penarik ngengat jantan untuk memberikan posisi dan letaknya kepada ngengat jantan. Feromon tersebut mampu diindera dari jarak sekitar 15 km. Jarak tersebut sangatlah jauh bagi ngengat untuk ditempuh. Dalam kondisi menunggu, ngengat betina harus bersabar, dengan tetap mengeluarkan feromon dan getaran dari sayapnya untuk memastikan posisinya pada sang jantan. Sedangkan ngengat jantan, harus bersabar dalam mencari ngengat betina. Karena petunjuk yang ada hanya dari jejak zat kimia feromon. Oleh karena itu dirinya terbang zig-zag untuk mengetahui koordinat ngengat betina. Sabar itu pasti. Tapi usaha tetap jalan terus. Penerbangan ini butuh waktu sekitar setengah hingga satu hari penuh.

Ini adalah salah satu contoh kesabaran yang diberikan oleh alam.

Sabar itu adalah ilmu tingkat tinggi, yang belajarnya harus tiap hari, dan latihannyapun harus setiap saat, tetapi ujiannya selalu mendadak. Sekolahnya seumur hidup.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments